Selasa, 13 November 2012

Antisipasi ARP Spoofing


Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah ARP Spoofing/ Poisoning?.  Ada beberapa software yang bisa di install pada jaringan untuk mencegah serangan jenis ini. Beberapa software ini antara lain:  ARP Watch atau Reverse ARP (RARP) ,ARPON , XARP (berjalan di windows).
Ada juga antisipasi yang dilakukan dengan menambahkan entri statis di tabel ARP. Cara ini cukup praktis, karena tidak membutuhkan tools tambahan yang perlu di install. Kelemahannya adalah cara ini cenderung untuk membatasi koneksi antar komputer.
Dan dari sisi pengguna jaringan internet ada beberapa saran yang perlu diperhatikan:

  1. Untuk aplikasi kritis seperti internet banking, email atau lainnya, Password : gunakan password yang aman  dan tidak menggunakan kata kata yang umum
  2. Jika tersedia, selalu pilih https dari pada http. Misal di Gmail ada pilihan mau pakai https atau http. (pada https, paket data pada komunikasi jaringan di encrypt, sehingga ketika terendus pun masih sulit untuk dibaca)
  3. Pada saat menggunakan https dan browser mengeluarkan warning atau peringatan bahwa certificate tersebut tidak valid atau dikeluarkan oleh CA yang tidak termasuk dalam trust anchor, maka anda harus waspada!
  4. Jangan menggunakan public area computer atau warnet untuk melakukan transaksi financial seperti internet banking dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar