Jumat, 28 September 2012

ARP


Apa itu ARP ?


ARP merupakan akronim dari Address Resolution Protocol yang dalam istilah komputer nya adalah sebuah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggung jawab dalam melakukan resolusi IP Address ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address).
Dengan adanya protokol tersebut setiap Hardware yang ada dalam sebuah jaringan biasanya dikenal dengan ( Network Interface Card ) dapat berkomunikasi satu sama lain.

Proses dalam ARP :


ARP Request. Pesan ini digunakan untuk meminta MAC address dari suatu  IP  address.  Pesan ini  biasanya di broadcast ke semua host  pada jaringan melalui alamat Broadcast Ethernet.
ARP Response. Jawaban dari ARP Request. Setiap host yang menerima ARP Request  akan  memeriksa  request  tersebut  untuk  mengetahui  apakah dirinya adalah pemilik IP address yang ada di dalamnya, jika ‘iya’ maka harus memberikan jawaban berupa pesan ARP Reply yang salah satu field nya mengandung MAC address dari IP address yang diminta tadi.
ARP Request
ARP Response


ARP Cache


Host yang melakukan request selanjutnya menyimpan pemetaan IP Address ke dalam MAC Address di dalam Local ARP Cache secara sementara, siapa tahu nantinya akan diakses lagi di lain waktu. Entri ARP cache berisi IP address beserta MAC Address untuk host tersebut.
ARP Cache


Tidak ada komentar:

Posting Komentar